SELAMAT DATANG DI INTAN WINGS STUDY DIARY'S ^~^

PENGANTAR BISNIS

Minggu, 09 September 2012

Organisasi Bisnis

Pengertian organisasi bisnis yang terdapat dalam www.en.wikipedia.org yaitu suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Contoh organisasi bisnis adalah radio. Radio disebut organisasi bisnis karena tujuan ekonominya adalah menghasilkan keuntungan melalui kegiatan penyampaian informasi dan hiburan kepada masyarakat.


Agar bisnis dapat berjalan dengan sukses maka perlu diorganisasikan. Dalam mengorganisasi suatu bisnis tentunya harus memperhatikan unsur-unsur bisnis yang ada. Unsur bisnis yang perlu mendapat perhatian pengusaha yaitu lingkungan bisnis. Lingkungan sangat besar pengaruhnya kepada efisiensi dari operasional perusahaan dan kemampuannya untuk memperoleh keuntungan, Untuk itu setiap pemilik dan pemimpin usaha harus dapat memahami keadaan lingkungannya dan dampak lingkungan tersebut terhadap usahanya.


Secara garis besar lingkungan bisnis dapat dibedakan menjadi; lingkungan pasar (market environment), dan lingkungan bukan pasar (nonmarket environment). Yang termasuk dalam lingkungan pasar adalah unsur-unsur dalam sistem pasar yang berpengaruh terhadap kegiatan suatu perusahaan, yang meliputi :
  • Langganan
  • Perusahaan yang menyediakan bahan mentah
  • Para pekerja dalam perusahaan
  • Perusahaan lain pesaing maupun bukan pesaing

Sedangkan lingkungan bukan pasar meliputi beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan perusahaan dalam perekonomian. Unsur-unsurnya antara lain :
  • Kegiatan ekonomi pada keseluruhannya
  • Peraturan dan Undang-undang negara dan pelaksanaannya
  • Kestabilan pemerintah/politik dan kebijakan pemerintah
  • faktor sosial dan budaya dalam masyarakat
  • Organisasi perburuhan dan masyarakat lain
  • Situasi dan perkembangan ekonomi global
Unsur lain yang mempengaruhi lingkungan bisnis berasal dari luar negara antara lain perkembangan persaingan dan kemampuan untuk bersaing, pertumbuhan di negara lain dan investasi modal asing. Untuk menghadapi persaingan dalam era globalisasi saat ini, organisasi bisnis perlu meningkatkan teknologi dan produktivitas, melakukan penetrasi ke pasar baru, dan menekan biaya produksi.



PENGERTIAN LINGKUNGAN BISNIS

Lingkungan Bisnis Adalah faktor-faktor yang berada diluar jangkauan perusahaan yang dapat menimbulkan suatu peluang atau ancaman. Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan.
Faktor Lingkungan Bisnis :


Lingkungan Mikro Bisnis Adalah para pelaku yang secara langsung berkaitan dengan lingkungan yang mempengaruhi perusahaan.

Lingkungan Makro ( Lingkungan Umum ) Adalah kekuatan-kekuatan yang timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasional perusahaan. 


Lingkungan Makro ini terdiri dari :

A. Faktor Ekonomi
Yang perlu dianalisis adalah :
- Siklus ekonomi
- Gejala inflansi dan deflasi
- Kebijaksanaan moneter
- Neraca pembayaran

B. Faktor Demografi
Terdiri dari :
- Perubahan jumlah penduduk akan mempengaruhi permintaan
- Perubahan struktur usia penduduk akan mempengaruhi pemindahan jenis produk sesuai dengan perubahan umurnya.
- Distribusi pendapatan.
- Tingkat pengangguran.

C. Faktor Geografi
Faktor geografi juga penting diamati oleh perencana strategi, untuk menentukan peluang dan ancaman perusahaan.

D. Faktor Teknologi
Perubahan teknologi membawa pengaruh terhadap perkembangan perusahaan.

E. Faktor Pemerintah
Perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dapat merupakan peluang bagi perusahaan dan dapat pula hambatan / ancaman bagi perusahaan.

F. Faktor Sosial
Sosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat, khususnya langganan dan karyawan.

G. Faktor Politik
1. Kekuatan politik
2. Perbedaan ideologi.


Unsur-Unsur Lingkungan Bisnis :
Ada lima macam lingkungan yang mempengaruhi aktivitas bisnis yaitu:

Lingkungan fisik meliputi tanah, iklim, topografi, udara, air, dan infrastruktur. Setiap perusahaan selalu akan menggantungkan pada sumber – sumber tersebut.


Lingkungan perekonomian menerangkan tentang system pasar dalam dimana sumber-sumber diolah, diproduksi, dan didistribusikan kepada masyarakat. Lingkungan perekonomian mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan yang menghasilkan dan mendistribusikan barang atau jasa.


Lingkungan pemerintah seperti bantuan pemerintah yang diberikan di bidang bisnis untuk mengembangkan perusahan kecil maupun perusahaan besar. Misalnya fasilitas dan prasarana dibangun di daerah-daerah, seperti : jalan-jalan, pembangkit tenaga listrik, dan sebagainya.


Lingkungan hukum merupakan latar belakang hukum dan peraturan dimana perusahaan-perusahaan menjalankan operasinya, termasuk masalah etika tidak dapat diabaikan dalam pengembangan bisnis.


Lingkungan internasional menyangkut hubungan-hubungan internasinal dengan negara-negara lain dan perusahaan-perusahaan asing. Aliran dana ke luar negeri untuk membiayai impor dan pemasukan kedalam negeri dari hasil ekspor pembayaran internasional dan mutinasional untuk menunjang pengembangan bisnis di Indonesia, dapat dianggap sebagai lingkungan internasional.



Hubungan/Dampak Perusahaan dan Lingkungan :


Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.


CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan“, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.


Tanggung Jawab Sosial dan Etika Bisnis
sebuah perusahaan bergerak karena beraksinya sumber daya manusia bersama-sama
sumberdaya yang lain. Agar aksi manajemen perusahaan berjalan selamat perlu memperhatikan etika bisnis dan tanggung jawab sosial. Etika dan tanggung jawab sosial perupakan rem perusahaan agar berkerja tidak bertabrakan dengan pemegang kepentingan perusahaan, seperti pelanggan, pemerintah, pemilik, kreditur, pekerja dan komunitas atau masyarakat. Hubungan yang harmonis dengan pemegang kepentingan akan menghasilkan energi positif untuk kemajuan perusahaan.


Etika bisnis merupakan studi standar formal dan bagaimana standar itu diterapkan ke dalam system dan organisasi yang digunakan masyarakat modern untuk memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dan diterapkan kepada orang-orang yang ada di dalam organisasi seperti kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis. 

Kepada Siapa Tanggung Jawab Tersebut :
1. Pelanggan (Customers)
2. Pekerja (Employees)
3. Kreditur (Creditors)
4. Lingkungan (Environment)
5. Masyarakat (Communities)


Tanggung Jawab Sosial Kepada Pelanggan

1. Bagaimana Memastikan Tanggung jawab Bisnis :
 Tetapkan kode etika.
 Monitor keluhan pelanggan.
 Memperoleh umpan balik pelanggan

2. Bagaimana memastikan tanggung jawab Pemerintah :
 Peraturan Keamanan Produk.
 Peraturan Periklanan.
 Peraturan Persaingan Industri.


Tanggung Jawab Sosial Kepada Pekerja

1. Keamanan Pekerja (Employee Safety)
 Memastikan Tempat kerja yang aman bagi pekerja.

2. Perlakuan pekerja
 Memastikan tidak ada diskriminasi.
 Menjalin hubungan yang harmonis antara pemilik dan pekerja

3. Kesamaan kesempatan (Equal Opportunity)
 Kesamaan Kesempatan/Hak sipil

4. Bagaimana memastikan tanggung jawab Bisnis :
 Keluhan Prosedur.
 Kode etik.
 Pelajari UU Ketenagakerjaan

Tanggung Jawab Sosial Kepada Kreditor :
1. Kewajiban Keuangan.
2. Informasikan kreditur jika mempunyai permasalahan keuangan

Tanggung Jawab social Kepada Lingkungan:
1. Pencegahan polusi udara :
 Peninjauan kembali proses produksi.
 Petunjuk Penyelenggaraan pemerintah

2. Pencegahan polusi daratan :
 Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan.
 Menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan


Tanggung Jawab Sosial Kepada Masyarakat :

1. Sponsori peristiwa masyarakat lokal.
2. Sumbangkan kepada masyarakat tidak mampu.

0 komentar:

Posting Komentar